Membuat Asperges Ubi Kayu

Ubi kayu merupakan tanaman yang sudah tak asing lagi bagi kita. Ubi kayu sering ditanam, terutama di pekarangan yang terbuka. Bila ditanam di tempat terlindung pertumbuhannya tidak baik dan umbi yang dibentuk pun sedikit dan kecil.

Ubi kayu diperbanyak dengan stek batang. Tetapi biasanya batang-batang yang dipakai untuk ditanam mengalami kelebihan. Kelebihan batang bisa dipakai untuk kayu bakar, terutama untuk daerah di pedesaan. Akan tetapi kelebihan batang tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat asperges.

Asperges merupakan sesuatu hal yang baru di kalangan petani dan merupakan salah satu cara untuk memanfaatkan limbah ubi kayu agar sisa batang ubi kayu bisa dimanfaatkan dengan baik.

Cara membuat asperges dari batang ubi kayu adalah sebagai berikut. Pertama-tama yang perlu dipersiapkan adalah memilih batang ubi kayu yang telah tua. Batang dipotong kurang lebih 10 cm dari pangkal batang dan 40 cm dari ujung batang.  Jadi bila panjang batangnya 150 cm, setelah dipotong maka tinggal 100 cm. Batang tersebut dipotong dengan panjang masing-masing 20 cm. Kumpulkan 10-15 batang yang telah dipotong kemudian diikat dengan tali.

Setelah batang-batang tersebut terikat, kemudian ditaruh ditempat yang gelap dan lembab. Ditutup dengan kotak, drum kosong atau dimasukkan ke sebuah rumah kecil yang diberi atap dari alang-alang atau daun kelapa yang membuat keadaan dalam menjadi gelap dan lembab karena sinar matahari tidak dapat masuk. Tempat usahakan lembab dan basah tetapi tidak menggenang, sehingga perlu ditaburkan jerami padi untuk menyimpan cadangan air. Batang ubi kayu diletakkan berdiri tegak.

Dalam waktu kurang lebih 10-15 hari, batang-batang ubi kayu telah keluar tunas. Setelah panjang tunasnya mencapai 5-10 cm dan berdaun cukup, tunas bisa dipetik. Tunas inilah yang disebut asperges. Tunas asperges berwarna hijau keputih-putihan dan pucat karena kurangnya terkena sinar matahari yang masuk sehingga pembentukan daun kurang sempurna. Hal ini disebabkan zat warna hijau daun atau klorofil tidak bekerja secara sempurna karena kurangnya sinar matahari yang diterima daun.

Tunas asperges yang berwarna hijau keputih-putihan apabila dimasak terasa lunak dan empuk. Tunas asperges bisa dimasak untuk berbagai menu masakan. Bisa dibuat gulai, lalap, gado-gado dan jenis masakan lainnya. Tunas asperges mengandung gizi dan protein yang cukup bagus.

Sumber: Menjadi Ummahat Kreatif, Badiatul Muchlisin Asti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: