Aneka Tips Seputar Mie

Walau sudah begitu populer dan akrab dengan kita, tak ada salahnya tetap berhati-hati ketika membeli produk mie di pasaran. Jangan sampai Anda terperosok dengan membeli produk mie yang bermutu kurang baik. Memasak dan menyimpan mie juga ada kiatnya. Ingin tahu? Ikuti tips berikut:

-Jika membeli mie dalam kemasan, jangan lupa untuk melihat tanggal kadaluarsa.

-Mie kemasan biasanya memasang cara pengolahan. Pastikan untuk terlebih dahulu membaca tata cara pengolahan itu.

-Sebaiknya tidak merebus mie basah dengan kuah yang akan disajikan. Ini untuk mencegah mie menjadi lembek. Sebaiknya, rebus terlebih dahulu mie basah secara terpisah, lalu taruh di mangkuk saji. Baru dituangi kuah yang sudah masak.

-Ada kalanya mie menjadi lengket setelah direbus. Untuk mencegahnya, tambahkan sedikit minyak sayur agar tidak menempel.

-Mie kering sisa sebaiknya disimpan di tempat kering dan tertutup rapat.

-Mie kering sebaiknya diseduh air panas hingga menjadi lunak. Lalu tiriskan. Untuk mie basah, pastikan untuk selalu mencucinya terlebih dahulu di air mengalir sampai bersih. Lalu tiriskan.

-Anda juga diharapkan berhati-hati mengkonsumsi mie basah. Belakangan ini dilansir banyak mie basah yang menggunakan formalin sebagai bahan pengawet. Padahal formalin merupakan bahan pengawet mayat. Penggunaan formalin ini untuk menjaga agar mie tidak basi. Meski sulit membedakannya, mie yang mengandung formalin biasanya  lebih mengkilat, tidak lengket, dan tidak cepat putus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: